Warna Langit

Juni Safitri

Tempat, Waktu, dan Suasana

on July 13, 2014

Bagi ku menikmati kesendirian itu adalah surga. Tempat, waktu, dan suasana yang tercipta didalam otak ketika menikmati kesendirian adalah kuasa total yang bisa kita ciptakan dikala kesendirian benar-benar bisa ku renggut kenikmatannya.Library with a book ladder and lampPosting kali ini bukan berisi tentang cerita pendek yang ku karang, ku rangkai kata-katanya, ku buat seperti yang ku suka, ku lukiskan seperti yang ku inginkan, ku akhiri dengan dramatis, atau ku tinggal begitu saja, terpotong ditengah kata, berhenti.

Lama, ku biarkan blog ini tak terisi oleh tarian jari-jariku diatas keyboard, yang nanti pada akhirnya juga menjadi bacaan ku sendiri ketika aku ingin membuka kembali tulisan-tulisan lama ku.  Posting kali ini ingin sekali ku buat agak serius, agak berat, agak berisi yang dalem, berharap meniggalkan kesan tulisan seorang dewasa. Tulisan seseorang yang kini diakui sebagai manusia dewasa dari dalam.

Kurang dari 24 jam lalu menurut perhitungan kasar ku, kudapatkan keheningan yang ku pikir adalah klimaks kesendirian ku selama ini. Begitu senyap, hingga aku bisa mengikuti irama dinamis detak jantungku sendiri, hembusan pelan nafas ku, menyadari kedipan mata ku yang pelan menutup lalu membuka kembali, mendengar dengan jelas udara yang terserap melalui hidung ku dan kembali keluar melalui lubang yang sama. Begitu senyap, hingga aku pikir aku berada di ruang dimensi lain, bukan dunia ku yang seperti biasa. Bukan dunia yang ku hantui selama ini, dimana aku selalu merasa ada yang kurang ketika melihat kucing berjalan dengan jalang dijalanan, ketika aku merasakan gatalnya gigitan nyamuk, ketika aku terpaksa membuat usaha interaksi kasat mata dengan manusia lain.

Keheningan itu kini kuragukan kenyataan nya, apa aku sedang bermimpi atau sedang sadar. Namun sepertinya jika boleh memilih, aku ingin berdiam diri disitu saja, sendiri.

Orang yang paham bagaimana rasanya keheningan yang ku rasa telah ku cicip nikmatnya seperti yang ku ceritakan sedikit diatas, akan mengerti bagaimana tidak nyaman nya berada di sebuah tempat dimana manusia-manusia nya saling berebut oksigen untuk bertahan hidup, berebut sinar matahari untuk memaknai hidup mereka, berebut moment kesendirian yang ku percaya sangat diidamkan.

Lalu, apa makna nya jika aku menginginkan hidup didalam keheningan ku saja? apa aku akan menjadi sendiri saja? atau ada manusia lain yang memilih sendiri juga yang berada di dalam keheningan yang sama lalu kami menikmati keheningan bersama-sama sendiri-sendiri?

atau aku tidak pernah lagi bisa kembali mencicipi keheningan yang sama?

Aku, sebagaimana yang telah dicitrakan oleh seseorang adalah manusia yang kurang matang. kurang bisa menghargai usaha orang untuk berusaha menyatu dalam keheningan dunia ku. Aku juga, masih menurut pencitraan seseorang yang mengklaim dirinya telah merasa punya keinginan menyatukan dunia kami berdua, adalah manusia yang tidak mudah dimengerti.

Tempat ku adalah diujung ruangan dengan penerangan secukupnya, melihat dengan mata membelalak bagaimana tempat orang lain. Tempat nya adalah di tengah ruangan dengan penerangan terang ingin menjadi pusat perhatian.

Waktu ku adalah dini hari ketika matahari bersiap-siap menjalan kan tugasnya menerangi dunia. Waktu nya adalah sore hari ketika matahari memutuskan beralih tempat menerangi dunia yang lain.

Suasana ku adalah hening, yang ketika hanya ada aku saja, aku tidak perlu perhatian lain selain keheningan itu sendiri. Suasana nya adalah bingar, ketika gendang telinga nya bereaksi menangkap suara-suara yang menarik perhatian suasana orang lain.

aku tidak mengerti orang seperti itu.

aku ingin bersama dengan orang yang mempunyai tempat, waktu, dan suasana yang senada.

 

ketika kurang dari 24 jam yang lalu unintended feelings menyerang’

 

(tempat biasa – sendirian saja)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: